Beranda » Artikel Terbaru » Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Diposting pada 25 November 2019 oleh Andrik | Dilihat: 9 kali

Saat ini, budidaya tanaman buah dalam pot atau tabulampot semakin gencar dilakukan. Pasalnya dengan cara penanaman ini orang tak perlu lagi menyediakan lahan yang luas untuk membudidayakan buah. Terlebih apabila hidup di perkotaan yang kebanyakan memiliki lahan terbatas. Menanam dengan tabulampot menjadi pilihan untuk penanaman berbagai jenis buah.

Meskipun cara ini terbilang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan penanaman secara langsung di tanah, tentu saja diperlukan tips agar cepat berbuah. Jika penanamannya salah atau perawatannya salah, memang tumbuhan dapat tumbuh subur namun hasilnya pasti tidak akan maksimal dan tidak cepat berbuah seperti yang diinginkan. Anda juga harus perhatikan bagaimana untuk mendapatkan bibit buah yang unggul untuk anda tanam.

Baca : Cara Memilih Bibit Buah Untuk Tabulampot

Jika Anda saat ini akan menanam bibit buah dalam pot, Anda tak perlu bingung bagaimana trik dan perawatannya. Karena Kami akan berbagi informasi kepada Anda mengenai cara penanaman buah dalam pot yang bisa Anda praktekkan.

Cara Menanam Buah Dalam Pot

Untuk memudahkan Anda dalam menanam berbagai jenis buah dalam pot, berikut adalah teknik yang diperlukan untuk menanamnya :

  • Persiapan Bibit Tabulampot

Dalam metode tabulampot pemilihan bibit tanaman buah adalah hal yang sangat penting. Karena ini akan sangat mempengaruhi bagus atau tidaknya tanaman tersebt. Ada dua jenis yang bisa Anda gunakan untuk penanaman ini, Anda bisa pilih bibit yang dikembangbakkan melalui vegetatif atau pencangkokan, dan bisa pilih bibit yang dikembangkan melalui generatif atau biji. Jika Anda ingin tanaman buah yang Anda tanam dapat lebih cepat berbuah pilihlah bibit yang dihasilkan dengan cara vegetatif.

  • Persiapan Media Tanam

Selain pemilihan bibit, persiapan media tanam juga sangat menentukan. Pastinya dalam hal ini pot adalah media tanam yang cocok untuk digunakan. Namun Anda juga perlu mempersiapkan media lainnya seperti tanah, arang sekam dan kompos. Perbandingan komposisi media tanam tersebut adalah 1:1:1 agar hasilnya lebih maksimal. Perhatikan juga tingkat keasaman tanah, karena berbeda tanah maka berbeda perlakuannya.

  • Proses Penanaman Bibit Tanaman Buah

Setelah media tanam dan bibit dipersiapkan hal yang tak kalah penting adalah mengetahui cara penanamannya. Agar Anda tidak bingung berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menanam bibit buah dalam pot :

  1. Siapkan semua bahan dan alat penanaman yang diperlukan.
  2. Saat mempersiapkan media tanam pastikan tidak ada kerikil atau batu. Anda bisa melakukan pengayakan untuk menghasilkan media tanam yang halus.
  3. Siapkan pot yang digunakan untuk penanamannya. Anda bisa pilih pot dengan ukuran minimal berdiameter 50-60cm.
  4. Pada bagian bawah pot letakan pecahan genteng, cukup satu lapis saja yang kemudian diberi sabut kelapa.
  5. Isi semua media tanam yang sudah dipersiapkan, bisa dimasukkan setengah saja.
  6. Buka polybag bibit tanaman dengan cara digunting atau disobek. Lalu tanam ditengahnya dan kemudian isi dengan media tanam hingga tertutup batangnya.
  7. Letakan tanaman tabulampot ditempat yang teduh terlebih dahulu. Lakukan penyiraman secara rutin yaitu pada pagi dan sore hari.

Pemeliharaan Dan Perawatan Tabulampot

Penanaman dalam pot juga memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang harus dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Ada berbagai tahapan untuk pemeliharaan dan perawatan tanaman buah dalam pot berikut adalah lebih jelasnya :

  • Penyiraman tanaman buah dalam pot

Tanaman membutuhkan air untuk kehidupannya. Oleh karena itu lakukan penyiraman tanaman tersebut secara rutin 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Ketika musim hujan Anda bisa lakukan penyiraman sesuai kondisi.

  • Pemangkasan tanaman buah dalam pot

Lakukan pemangkasan pada tumbuhan jika diperlukan. Ada tiga macam proses pemangkasan yaitu pemangkasan produksi, pemangkasan bentuk dan pemangkasan peremajaan. Pemangkasan produksi digunakan untuk meningkatkan fungsi produksi tanaman. Pemangkasan bentuk merupakan pemangkasan yang paling sering dilakukan. Pemangkasan bentuk bertujuan untuk mengatur bentuk tanaman supaya mudah terkena sinar matahari dan juga membentuk tajuk baru.

Sedangkan untuk pemangkasan peremajaan ini dilakukan pada tanaman yang sudah tua. Tanaman yang sudah besar dan tua perlu diganti pot dan media tanamnya agar hasilnya lebih maksimal.

Jenis Tanaman Buah yang Bisa Ditanam di Pot Kecil

Berbagai jenis tanaman buah cocok untuk dijadikan pilihan apabila Anda akan menanamnya di dalam pot. Berikut adalah beberapa jenis tanaman buah yang Kami rekomendasikan untuk ditanam dalam pot :

  1. Jeruk
  2. Delima
  3. Jambu Biji
  4. Semangka
  5. Melon
  6. Nanas
  7. Pisang
  8. Tomat
  9. Cabe
  10. Stroberi

Cara Membuat Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah

Untuk Anda yang akan menanam bibit buah dalam pot agar cepat berbuah, maka berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanaman Anda menjadi lebih cepat berbuah :

  1. Kontrol Jumlah Air

Mengontrol jumlah air adalah hal yang perlu Anda lakukan, jangan terlaku banyak air dalam pot. Terutama untuk buah seperti mangga dan jambu air sebaiknya lakukan dua kali penyiraman dalam seminggu.

  1. Kurangi Daunnya

Apabila tanaman Anda memiliki daun yang semakin lebat, tentu saja buah tersebut akan stress. Maka untuk menghindari hal tersebut lakukan pemangkasan. Caranya adalah buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

  1. Tambahkan Pupuk Kandang Agar Tanah Lebih Subur

Tanaman tidak hanya cukup dengan menyiram dan membiarkan tanaman terkena sinar matahari. Karena tanaman juga memerlukan asupan nutrisi. Asupan mineral dari pupuk kandang akan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan menghasilkan tunas baru.

  1. Perhatikan Intensitas Sinar Matahari

Selain pupuk, Anda juga perlu memperhatikan intensitas cahaya yang diperlukan untuk tanaman. Seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng. Tanaman ini akan bertahan meski sinar matahari cukup terik. Namun, untuk tanaman jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari dengan intensitas sedang, karena daunnya mudah layu saat panas.

  1. Bersihkan Area Sekitar Pot

Buanglah segera daun yang jatuh agar tidak busuk yang akan membuat bakteri dan jamur datang. Juga lakukan pemangkasan setiap bulan agar tanaman tidak menjadi rimbun dengan daun tua yang membuat pertumbuhan menjadi lebih lambat.

Itulah cara menanam bibit buah secara tabulampot, untuk mendapatkan bibit tanaman buah yang unggul untuk penanamna tabulampot bisa mendapatkannya di tempat Kami. Kami adalah penjual bibit buah-buahan terlengkap. Informasi lebih lanjut hubungi Kami sekarang juga !

Bagikan informasi tentang Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah | Bibit Tanaman Unggul

Belum ada komentar untuk Cara Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Jual Biji Bunga Tabebuya Putih Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Jual Biji Pohon Pulai-Pule Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Jual Biji Bunga Tabebuya Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
SIDEBAR