Beranda » Artikel Terbaru » Tips Memilih Bibit Tanaman Untuk Tabulampot

Tips Memilih Bibit Tanaman Untuk Tabulampot

Diposting pada 14 March 2020 oleh Andrik | Dilihat: 207 kali

Membudidayakan tanaman buah dengan menanam di dalam pot atau disebut dengan tabulampot memang sangat menguntungkan. Selain dapat menjadi solusi ketika kita kekurangan lahan, menanam secara tabulampot ternyata lebih mudah proses perawatannya, serta proses berbuahnya juga menjadi lebih cepat. Bagi Anda yang berencana untuk menanam secara tabulampot, maka pilihan yang tepat. Anda akan dapatkan keuntungan tersebut ketika penanamannya.

Akan tetapi, perlu diketahui terlebih dahulu sebelum menanam tabulampot, pilihlah varietas tanaman buah yang tepat. Karena ada jenis buah tertentu yang bisa ditabulampot, dan ada pula yang tidak bisa ditanam secara tabulampot. Buah yang umumnya digunakan dalam metode tabulampot adalah mangga, jeruk, anggur, dan jambu air. Jika sudah menentukan jenis buah yang akan ditanam, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui apakah bibit tanaman yang Anda gunakan merupakan bibit unggul atau tidak.

Agar tidak salah dalam memilih bibit tanaman buah tabulampot, kali ini Kami akan berbagi informasi bagaimana memilih bibit yang tepat untuk budidaya tabulampot.

Baca juga : 10 bibit tanaman yang bisa ditanam dirumah

Jenis-Jenis Bibit Yang Biasa Digunakan Untuk Tabulampot

Sebelum mengetahui bagaimana ciri-ciri bibit tanaman buah yang cocok untuk tabulampot, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada dua jenis buah berdasarkan cara perbanyakannya. Adapun 2 jenis bibit buah yaitu generatif dan vegetatif. Berikut merupakan perbedaan kedua jenis bibit tersebut:

  • Bibit Yang Berasal Dari Perbanyakan Generatif

Bibit generatif adalah bibit yang terjadi dari hasil perkawinan antara benang sari dan putik yang berupa biji atau benih. Biji atau benih yang dihasilkan secara generatif dapat memberikan perpaduan sifat antara kedua induknya. Sehingga bisa saja sifat bijinya akan lebih baik dari induknya atau justru lebih buruk dari induknya. Beberapa manfaat menggunakan bibit generatif, diantaranya :

  • Berpotensi memiliki sifat yang lebih unggul dibandingkan induknya.
  • Memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya.
  • Memiliki masa-masa produktif yang lebih lama jika dibandingkan dengan vegetatif.

 

  • Bibit Yang Berasal Dari Perbanyakan Vegetatif

Bibit secara vegetatif diperoleh dari pemotongan bagian suatu tanaman yang bukan merupakan alat kelamin tanaman. Biasanya, pemotongan tersebut dilakukan pada bagian-bagian tanaman seperti batang, akar, dan juga daun. Ada berbagai macam metode pemotongan tanaman untuk mendapatkan bibit secara vegetatif, yaitu cangkok, stek, okulasi, atau merunduk. Berikut manfaat dari bibit yang didapat dari perbanyakan secara vegetatif:

  1. Bibit memiliki sifat yang sama persis dengan sifat induknya, jika bibit yang digunakan adalah indukan unggul, maka yang dihasilkan juga merupakan bibit unggul.
  2. Tanaman yang tumbuh umumnya berukuran lebih kecil dibandingkan dengan bibit yang didapat secara generatif. Sehingga menjadi lebih praktis dalam perawatan.

Baca juga : Cara Menanam Bibit Buah Unggul Paling Benar

Jenis Bibit Manakah yang Direkomendasikan untuk Tabulampot?

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis bibit berdasarkan metode perbanyakannya, tentu Anda bertanya, seharusnya Anda menggunakan bibit yang generatif atau vegetatif? Jawabannya, untuk penanaman secara tabulampot sebaiknya Anda menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan secara vegetatif dan tidak disarankan untuk menggunakan bibit yang didapat secara generatif.

Berikut alasan mengapa Anda harus memilih bibit yang berasal dari vegetatif :

  1. Penanaman bibit menjadi lebih aman karena sifatnya yang sama persis dengan induknya. Jika induknya cepat berbuah, maka bibitnya pun nanti juga akan cepat berbuah.
  2. Proses pembuahan dan pembungaan tabulampot lebih cepat jika menggunakan bibit yang didapat secara vegetatif dibandingkan generatif.
  3. Bibit yang didapatkan dengan cara vegetatif nantinya akan menghasilkan tanaman yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bibit yang didapatkan secara generatif. Dengan ukuran yang lebih kecil maka cocok untuk ditanam di lahan yang cukup sempit yaitu pot.

Ciri-Ciri Bibit Vegetatif yang Baik untuk Tabulampot

Setelah Anda mengetahui bahwa bibit yang bagus adalah bibit yang berasal dari vegetatif, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah ciri-ciri bibit vegetatif yang baik. Berikut ciri-cirinya :

  • Bibit Memiliki Kesehatan yang Baik

Pastikan bibit yang digunakan adalah dalam keadaan sehat. Artinya bibit tersebut tidak bekas gigitan tanaman, atau tidak sedang dihinggapi hama tanaman. Untuk memastikannya, Anda harus melakukan pencangkokan atau okulasi dari tanaman induk yang dalam keadaan sehat dan tidak ditumbuhi hama. Jika indukan sehat, maka bibit yang dihasilkan juga pastinya sehat.

  • Bibit Berasal dari Tanaman Induk yang Sudah Cukup Umur

Pastikan juga bibit yang Anda dapatkan adalah bibit yang berasal dari indukan yang cukup umur. Maksud dari cukup umur disini adalah tanaman induk telah mengalami proses pembuahan setidaknya 3 kali semenjak pertama kali ditanam. Jika tanaman induk sudah mengalami pembuahan selama 3 kali, maka Anda dapat mengukur apakah tanaman induk tersebut memiliki sifat yang superior atau tidak.

  • Bibit Memiliki Sistem Perakaran Yang Kuat

Bibit yang akan Anda tanam dalam pot juga hendaknya memiliki sistem perakaran yang kuat. Karena umumnya bibit yang  berasal dari vegetatif memiliki perakaran yang tidak sekokoh bibit yang didapatkan secara generatif. Bahkan, perakaran pada bibit vegetatif akan cenderung dangkal. Sehingga bisa saja rentan tumbang ketika terkena angin yang kencang. Untuk itu, pastikan bibit tersebut berasal dari indukan yang memilik akar kuat.

Nah itulh tips atau cara yang paling mudah untuk dapatkan bibit tanaman buah unggul untuk tabulampot paling mudah. Jika Anda butuh bibit untuk tabulampot, segera dapatkan di tempat Kami.

Bagikan informasi tentang Tips Memilih Bibit Tanaman Untuk Tabulampot kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Memilih Bibit Tanaman Untuk Tabulampot | Bibit Tanaman Unggul

Belum ada komentar untuk Tips Memilih Bibit Tanaman Untuk Tabulampot

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Jual Bibit Pohon Sepatudea Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Jual Bibit Suren-Surian Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Jual Bibit Apukat Markus Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Bibit Alpukat Markus Kualitas Terbaik *Harga Hubungi CS
SIDEBAR