Beranda » Artikel Terbaru » Begini Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman

Begini Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman

Diposting pada 14 March 2020 oleh Andrik | Dilihat: 37 kali

Ketika membeli bibit melalui online, tentu kita khawatir bibit tanaman yang kita dapatkan tersebut mati bukan? Apalagi jika jarak pengiriman tersebut cukup jauh, tentu siapapun akan khawatir dengan hal tersebut. Untuk itu, perlu penanganan yang lebih tepat ketika bibit tersebut datang agar tidak mati ataupun layu. Seperti apa penanganan bibit yang baru datang setelah pengiriman?

Tentu Anda berfikir bahwa ini membutuhkan penanganan yang ribet ya, karena takutnya bibit layu. Tapi perlu diketahui bahwa ini membutuhkan penanganan yang lebih mudah loh. Kami akan sedikit mengulas informasi tersebut untuk Anda.

Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman

Jika Anda sudah membeli bibit tanaman secara online, setelah melakukan pemesanan bibit sebelum diterima, sebaiknya Anda mempersiapkan media tanam yang diperlukan. Media tanam yang dibutuhkan meliputi campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Jika tidak tersedia sekam padi, Anda juga bisa hanya menyediakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk. Yang penting diperhatikan, media tanamnya harus gembur (porous) agar air siraman menyerap sempurna / mengalir lancar.

Saran : hindari pemakaian pupuk kimia. Gunakanlah selalu pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Gunakan pupuk kimia hanya pada waktu dan dosis yang memang dibutuhkan.

Apabila bibit sudah diterima, selanjutnya Anda bisa mempersiapkan langkah berikut ini :

  1. Pertama, jika proses pengiriman lebih dari dua hari perjalanan, sebaiknya pangkas / buang daun ( minimal 30%) dengan alat potong.
  2. Kedua, segera lakukan penanaman bibit dalam polybag atau ke dalam pot dengan media yang telah dipersiapkan. Ukuran pot yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. Pastikan pada dasar pot harus diberi lubang yang cukup agar tidak terjadi genangan air di dasar pot.
  3. Ketiga, lakukan penyiraman sampai tanah benar-benar basah.
  4. Keempat, letakan tanaman ditempat yang teduh atau ternaungi, bisa letakkan sementara di bawah pohon atau yang lain. Ini dilakukan sampai tanaman terlihat benar-benar segar, bisa dilakukan dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Setelah tanaman benar-benar segar dan sehat, Anda bisa pindahkan ke tempat dimana matahari cukup. Umumnya tanaman membutuhkan sinar matahari minimal 6 – 8 jam per hari.
  5. Kelima, Selanjutny lakukan perawatan rutin seperti, pemupukan yang dilakukan setiap 3 bulan sekali, atau minimal 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.

Nah itulah hal yang perlu dilakukan ketika Anda membeli bibit tersebut secara online. Pastikan Anda membeli bibit yang berkualitas unggul di tempat yang terpercaya. Karena mereka pasti akan bantu untuk konsultasi seputar penanaman dan perawatan bibit.

Jika Anda membutuhkan bibit untuk penanaman, percayakan saja pada Kami. Kami Benih Mandiri Group, sedia berbagai jenis bibit tanaman buah, bibit tanaman kayu dan lain-lain. Cocok untuk Anda yang akan membeli dalam jumlah besar maupun kecil. Kami juga siap membantu untuk konsultasi seputar penanaman dan perawatan produk yang benar. Informasi lebih lanjut hubungi Kami sekarang juga !

Bagikan informasi tentang Begini Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman kepada teman atau kerabat Anda.

Begini Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman | Bibit Tanaman Unggul

Belum ada komentar untuk Begini Tips Penanganan Bibit Tanaman Pasca Pengiriman

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Jual Biji Jambu Monyet-Mente Unggul

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Jual Bibit Gaharu Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
*Harga Hubungi CS
Jual Biji Angsana Sonokembang

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
SIDEBAR